15 Wahana Di Taman Wisata Candi Borobudur Yang Perlu Kalian Coba

Siapa sih yang belum tahu tentang Wisata Candi Borobudur? Pastinya sudah tahu bahkan hampir seluruh dunia. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan Budha yang merupakan tempat ibadah bagi umah Budha. Candi Borobudur sudah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi Borobudur dibangun oleh Wangsa Syailendra dan selesai pada tahun 825 M pada masa pemerintahan Raja Samaratungga.

Sekarang kalau main ke Wisata Candi Borobudur tak hanya naik Candi Borobudur, foto-foto diatas Candi terus turun dan keluar lewat Pasar Souvenir terus pulang. Namun sekarang kalau main ke Wisata Candi Borobudur bisa seharian penuh. Sudah banyak wahana serta fasilitas yang membuat liburan kalian di Wisata Candi Borobudur lebih seru dan menarik. Untuk tiket masuk Candi Borobudur Wisatawan Nusantara anak-anak 20 ribu dan untuk Dewasa 40 ribu sedangkan untuk Wisatawan Manca Negara anak-anak $15 dan untuk dewasa $25. Mau tahu apa saja yang ada di Wisata Candi Borobudur?

  1. Sunrise Candi Borobudur

Sunrise Borobudur Temple

Banyak orang pasti yang berkeinginan untuk bisa menikmati sunrise di Candi Borobudur. Mudah kok kalau sekarang kalian bisa masuk ke Candi Borobudur untuk menikmati indahnya sunriuse yaitu melalui Manohara Resto. Melalui pintu 8 untuk masuk ke Manohara Resto. Sekitar jam 4 sudah bisa masuk ke Manohara Resto untuk membeli tiket masuk sunrise. Harga tiket masuk sunrise Rp. 325.000 untuk wisatawan Nusantara dan Rp. 450.000 untuk wisatawan Manca Negara. Tak usah khawatir dengan harga yang bisa dibilang sukup mahal dibanding dengan tiket diloket umum, karena dengan harga segitu sudah bisa menikmati sunrise, mendapat fasilitas senter dan stiker serta mendapatkan snack dan souvenir berupa syal cantik.

  1. Wahana Audio Visual

Ini merupakan wahana semacam bioskop mini, disini kita akan di putarkan sebuah film tentang sejarah Candi Borobudur dari awal hingga sekarang. Pemutaran film ini sekitar 20 menitan. Harga masuk di wahana ini yaitu Rp.5.000 per orang. Lokasi nya terletak di sebelah Pusat Informasi.

  1. Dapur Photo Tempo Doeloe

Dapur Photo Tempo Doeloe

Namanya juga Dapur Photo pasti tempat ini digunakan untuk berfoto- foto, nah cocok buat kalian yang suka fotografi dan juga moto model. Bisa juga untuk foto ala- ala prewedding dengan aksesoris yang ada seperti pakaian kebaya tempo dulu lengkap dengan sanggul dan sepatu. Bisa foto dengan background Candi Borobudur bisa juga menggunakan sepeda jaman dahulu. Harga tiket untuk bisa menggunakan fasilitas sepasang baju kebaya dan juga 1 kali foto dengan ukuran 10R yaitu Rp. 50.000 per orang. Lokasinya terletak di area depan dekat dengan stand peminjaman kain.

 

  1. Keliling Naik Kereta

Bagi yang ingin berkeliling Taman Wisata Candi bisa naik Kereta. Untuk bisa menggunakan fasilitas kereta cukup membayar tiket seharga Rp. 10.000 per orang dan sudah dapat gratis 1 botol air mineral.

Kereta ini berjalan dengan pelan jadi jika naik kereta ini bisa sambil menikmati pemandangan di sepanjang jalan dalam area Taman Candi Borobudur ini.

 

  1. Keliling Naik Golfcar

Tidak berbeda jauh dengan kereta. Fasilitas Golfcar ini juga melayani untuk berkeliling area dalam Taman Candi Borobudur. Namun sedikit berbeda unttuk harga tiketnya. Untuk tiket Golfcar ini sedikit lebih mahal yaitu Rp. 20.000 per orang. Namun dengan rute yang sama dengan kereta. dan untuk kapasitas Golfcar ini bisa 5 orang saja tiap Golfcar.

 

  1. Keliling Naik Andong

Untuk keliling menggunakan Andong juga harus membayar tiket dengan harga yang berbeda namun untuk rute sama. Dari ketiganya yang membedakan hanyalah sensasi dan tiketnya. Jadi untuk tergantung selera ingin naik yang mana. Kalau untuk andong kapasitas maksimal 3 orang.

 

  1. Keliling Naik Sepeda Onthel

Sepeda Onthel

Bagi yang ingin keliling area Taman Candi Borobudur tanpa sopir dan guide kalian bisa nih sewa sepeda dengan harga Rp. 10.000 per orang selama 1 jam keliling. Dengan fasilitas ini bisa sesuka hati main sepeda keliling dan juga foto- foto ataupun buat video. Tapi jangan keterusan ya ada batasannya hanya 1 jam.

 

  1. Panahan (Jemparingan)

Wahana ini sangat menarik yaitu panahan yang dimana disini kita dilatih untuk belajar memanah dengan baik. Nanti ada pelatihnya yang membimbing. Untuk wahana Panahan ini dibagi menjadi 2 antara Panahan untuk anak dan untuk dewasa. Dengan membayar Rp. 20.000 per orangdan mendapat 6 anak panah kita bisa melatih fokus kita dengan baik. Jika tepat sasaran maka kita mendapat bonus tambahan 1 anak panah.

  1. Museum Kapal Samudra Raksa dan Sinema Interaktif

Samudra Raksa

Merupakan wahana yang sudah ada sejak lama namun saat ini sudah diberi tambahan sinema interaktif yang bertujuan untuk lebih menarik pengunjung yang datang. Selain sebagai hiburan juga digunakan sebagai sarana edukasi terutama untuk anak- anak. Dari sinema interaktif ini kita disa mengetahui perjalanan kemaritiman bangsa Indonesia. Kenapa disebut sinema interaktif? Karena dari film itu kita bisa sambil bermain. Misalnya dibagian pertanian dengan cara menghentakkan tangan, nanti dari film itu akan muncul sayur- sayuran. Dan pada lantai terdapat gambar- gambar ikan dan binatang air lainnya yang kalau ikan itu diinjak maka ikan itu akan berlari- lari. Daripada penasaran datang saja ke Museum Samudra Raksa hanya dengan membayar tiket Rp. 25.000 per orang. Dan info penting untuk memasuki wahana ini harus memakai kaos kaki.

 

  1. Naik Gajah

Pertama kali pengalaman aku naik Gajah yaitu di Taman Candi Borobudur ini. Disini naik gajah bisa antara jam 9:30 sampai 11:30  am dan 13:30 sampai 15:30 pm. Dan untuk harinya bisa setiap hari kecuali hari Jumat. Disini terdapat 3 Gajah yang siap untuk dinaiki dan membawa jalan-jalan. Jadi untuk waktu Gajah bisa dinaiki sangat sedikit karena Gajahnya harus banyak istirahat dan perlu makan dan juga mandi. Dan sekali naik juga tidak boleh terlalu lama hanya sekali putaran saja, mengingat gajah itu binatang yang juga bisa merasakan kesakitan kalo ditumpangi terlalu lama. Untuk tiket untuk bisa naik gajah ini sebesar Rp. 50.000 per orang.

 

  1. Wahana Simulator 4D

Sudah banyak diberbagai tempat rekreasi yang mempunyai wahan 4D. Dan kali ini di Taman Wisata Candi Borobudur juga terdapat wahana Simulator 4D. Film yang diputar bermacam- macam pilihan jadi kita sebagai pengunjung bebas memilih. Mulai dari film horor, balap, petualangan dan jetcoaster, sehingga cocok untuk dewasa maupun anak- anak. Tiket masuk wahana ini sebesar Rp. 30.000 per orang dengan durasi 7 menit. Wahana ini terletak diantara Museum Kapal dan Museum Borobudur.

 

  1. Museum Candi Borobudur

Museum Candi Borobudur

Sebuah Museum yang berada didalam kompleks Wisata Candi Borobudur. Museum ini juga disebut Museum Karmawibhangga. Dimana Museum ini menyimpan sejarah tentang Candi Borobudur. Sebuah museum arkeologi, yang didalam terdapat gambar relief Karmawibhangga. Juga menampilkan blok batu Borobudur yang terlepas, struktur arsitektur Borobudur serta dokumentasi proyek pemugaran Candi Borobudur.

 

  1. Terapi Ikan

Sebagai wahana hiburan dan juga untuk merefleksikan diri sambil beristirahat santai setelah berkeliling Candi Borobudur sebelum keluar dari Taman Wisata Candi Borobudur. Terapi ikan yang dimana kaki kita dimasukkan kedalam bak air yang berisi ikan- ikan kecil. Dan kaki kita pasti akan digigit-gigit oleh ikan itu. Seru dan pastinya geli. Untuk bisa mencoba nya kita harus membayar Rp. 5.000 per orang dengan durasi 15 menit.

 

  1. Keliling Desa Wisata Borobudur dengan Mobil VW

Keliling dengan mobil VW

Tak hanya keliling area taman Candi Borobudur saja. Namun dengan fasilitas mobil VW kita bisa keluar area Taman Candi dan explore ke desa-desa yang ada di sekitar Candi Borobudur. Dan juga kita bisa berkunjung ke Balkondes (Balai Ekonomi Desa) yang ada disekitar Borobudur. Ada beberapa paket yang ditawarkan mulai dari reguler sampai yang istimewa. Dan untuk harga biasanya dimulai dari Rp.250.000 sesuai penumpang dan durasi waktu serta rute.

 

 

  1. Pasar Souvenir

Kalau pergi ke suatu tempat wisata pastinya tak boleh ketinggalan yaitu beli oleh-oleh atau souvenir. Nah di Borobudur ini juga terdapat pasar Souvenir yang bisa diexplore ketika akan keluar dari area Taman Wisata Candi Borobudur. Banyak sekali yang dijual disana mulai dari baju, tas, alat rumah tangga, aksesoris dan masih banyak lainnya. Jadi untuk bisa keluar area Candi Borobudur harus melewat pasar ini. Baru kita bertemu dengan jalan keluar.

 

6 Comments

  1. I want to make a confession first. Sebagai anak yang lahir di Jogja, besar di Jogja, dan sekarang bolak-balik mudik ke Jogja, gue belum pernah ke Candi Borobudur.
    (kemudian hening)
    Ternyata banyak banget yang bisa dilakukan ya, kak. Bisa wisata seharian di sana, nih.

    1. Wah sayang sekali belum pernah ke Candi Borobudur kak. Luangkan waktu yuk buat ke Candi Borobudur. Sekarang semakin ,banyak wahana yang bisa dijelajahi kak. Sunrisean juga bisa.

    1. Halo halo makasih ya 😊 siapa aja bisa kok jadi traveler blogger. Harus kembali Dan kembali ke Borobudur hehe aku ke Borobudur sudah seperti rumah sendiri. Tiap Kali pulang kampung selalu mampir aku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *