PESONA CANDI BOROBUDUR DIMATA DUNIA

“Candi Borobudur Sebagai Warisan Budaya Dunia”

Siapa sih yang tidak tahu wisata yang sudah maendunia ini? Yaitu sebuah destinasi wisata yang merupakan iconnya Jawa Tengah yaitu Candi Borobudur. Sebuah wisata yang sudah dikenal hampir seluruh pelosok dunia. Mata Dunia memandang Candi Borobudur sebagai wisata sejarah dan wisata tradisional Indonesia. Karena keunikan arsitekturnya, kemegahan bangunannya dan kekokohannya sehingga diakui seluruh dunia sebagai Warisan Budaya Dunia.

Borobudur membuat Mata Dunia tertuju padanya jika diketahui dari sejarah dan pesannya. Candi Borobudur didirikan pada abad ke- 8 M pada masa pemerintahan dinasti Syailendra oleh raja Samaratungga.

Desain dan detail Candi yang rumit, relief yang kaya akan cerita, hal itulah yang membuat bangunan ini berdeda dan tidak dapat ditemukan ditempat lain sehingga menjadi wisata dunia. Kemegahannya memukau setiap pengunjung yang datang ke plataran Candi Borobudur. Susunan batu yang berjumlah lebih dari 2 juta sungguh luar biasa. Menggambarkan bahwa pada saat itu peradaban pun sudah terlihat baik, banyak orang yang cukup ahli dalam pahat dan membuat cerita yang digambarkan dalam bentuk relief Candi Borobudur.

Dunia tau bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu 7 keajaiban Dunia, namun karena adanya kerusakan, Candi Borobudur tidaklah lagi diakui sebagai 7 keajaiban Dunia. Namun Candi Borobudur tetap melaukan pemugaran kembali dan perbaikan serta perawatan yang berkelanjutan. Selain itu juga ditambahnya wisata lain disekitar Candi Borobudur tersebut. Seperti Museum Borobudur, Taman Candi Borobudur, Borobudur Elephant Tour,Pusat perbelanjaan disepanjang jalur kelar Candi Borobudur. Dengan demikian Candi Borobudur tetap ramai dibanjiri oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara.

Candi Borobudur diakui oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Culture Organization) sebagai salah satu dari World Heritage List. Pengakuan ini bertujuan sebagai salah satu cara promosi wisata Candi Borobudur kepada Dunia.

Kita harus bangga menjadi Bangsa Indonesia yang mempunyai wisata Maha Karya Candi Borobudur. Dengan predikat atau pengakuan dari UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Culture Organization) bahwa Borobudur sebagai Warisan Dunia maka kita sebagai warga Negara Indonesia tidak boleh terlena dan acuh. Tapi kita tetap wajib melestarikan, mempromosikan serta memperkenalkan Candi Borobudur ke seluruh dunia yang lebih luas. Seperti halnya sebuah talenta yang kita miliki yang diberikan oleh Sang Pencipta, jika talenta itu tidak pernah dikembangkan dan diperkenalakan kepada orang lain maka talenta itu akan hilang dan tidak berguna. Nah, begitu pula dengan sebuah Wisata Maha Karya Dunia yang kita miliki ini jika tidak dikembangkan atau dibiarkan begitu saja maka akan hilang pula predikat yang sudah dimiliki serta hanya akan menjadi sebuah bangunan yang tidak bernilai dan tidak bermakna.

Banyak cara yang dilakukan untuk memperkenalkan wisata Candi Borobudur. Salah satunya seperti sebuah event besar yang diadakan setiap 4 tahun sekali yaitu Borobudur International Festival, event ini dilaksankan pada tanggal 28 Juli sampai 30 Juli 2017 lalu di Candi Borobudur. Acara ini merupakan salah satu cara memperkenalkan wisata Pesona Borobudur kepada Dunia, banyak sekali berbagai macam kesenian tradisional yang ditampilkan, pameran desa wisata yang ada di Borobudur. Acara atau event ini diikuti oleh para seniman dari luar Negri yaitu dari Jepang, China dan India.

Semoga Candi Borobudur dalam perkembangannya semakin berkembang dan saemakin mendunia dan tetap bertahan menjadi warisan budaya dunia.

 

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah 2017 yang diselenggarakan oleh Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah.

(www.generasipiknik.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *