Gunung Gondopuro Wangi

Kembali dengan cerita petualangan saya mendaki gunung.

Kali ini saya mendaki Gunung Gondopuro Wangi. Ya sebenernya sudah liburan lalu saya penasaran dengan gunung ini yang katanya masih asri dan juga memiliki view yang indah. Dan ternyata setelah saya buktikan yang tadi “katanya” itu adalah benar.

Mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi tapi menantang. Saya naik tanggal 3 Januari 2017 diakhir liburan saya. Ternyata jalur yang dilalui itu adalah jalan yang sama seperti waktu ketika saya masih SD kalo mau pergi ke Gempal.

Perjalanan dimulai dari jam setengah 4 sore. Dan saya sampai diatas tepat jam setengah 5. Wah hanya 1 jam jarak tempuh dari bawah sampai puncak. Jalur yang dilalui pun masih bener bener asli masih banyak rumput rumput belum terlihat sebuah jalan karena memang belum banyak orang yang menapakkan kaki disitu.

Namun tak kalah indahnya dengan gunung tinggi lainnya. Ya cerita sedikit tentang asal muasal dan cerita dari gunung ini. Gunung ini memang hanya mempunyai ketinggian sekitar 800 mdpl.

Dalam 70% dari jarak perjalanan akan dijumpai sebuah makam dan gua. Yang konon katanya adalah makam para pengikut Pangeran Diponegoro. Yang diantaranya:

1. Kyai Pangeran Prawiro Gondo Kusumo
  2. Kyai Raden Ahmad Kusumo
  3. Kyai Raden Prawira Kusuma

Karena setianya mereka kepada Pangeran Diponegoro mereka sampai akhir hayatnya berada ditempat itu. Ditempat itu juga terdapat gua yang menghasilkan mata air. Bahkan air itu tak ada habisnya walaupun digunakan terus menerus. Air itu juga bermanfaat sebagai penyembuh berbagai macam penyakit.

Setelah sampai di atas saya menyaksikan bentang alam nan indah. Terlihat juga dengan jelas gunung Merapi, gunung Merbabu dan juga gunung Sumbing. Kemudian tak lupa juga foto foto dengan background sebuah panorama yang indah.

Sekitar jam 5 saya putuskan untuk turun karena sudah semakin sore, sebenarnya masih ingin melihat senja dari sana namun ada suatu hal yang mengharuskan untuk segera turun yaitu lampu motor mati. Sebenarnya dari atas kalo pagi bisa memotret dan melihat dimana terbitnya matahari sedangkan kalo sore memotret terbenamnya matahari. Bagi yang suka camping dan bermalam diatas gunung disinilah juga bisa mendirikan tenda sambil menikmati malam dan juga gemerlapan lampu nan indah, serta menunggu pagi.

Gunung ini terletak di dusun Gempal, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sekian cerita saya mencapai puncak Gunung Gondopuro Wangi. Nantikan petualangan selanjutnya..

Salam Traveler

2 Comments

1. Terlihat juga dengan jelas gunung Merapi, gunung Merbabu dan juga gunung Sumbing. Kemudian tak lupa juga foto foto dengan background sebuah panorama yang indah.